November 03, 2011

ada apa dengan lini pertahanan CHE:SEA FC?...hm

{Chelsea News}

*Ada Apa Dengan (Pertahanan) Chelsea*

Kekalahan Chelsea 5-3 atas Arsenal hari Sabtu lalu semakin menegaskan bahwa masalah yang sedang dihadapi Andre Villas-Boas kali ini adalah: Lini belakang.

Mereka sudah kebobolan 15 gol dari 10 pertandingan Premier League musim ini, jika dibandingkan dengan Chelsea era Jose Mourinho yang kebobolan 15 gol dari 38 pertandingan selama musim 2004-2005 tentu saja statistic itu sangatlah jomplang.

Meski Chelsea bermain semakin atraktif dalam menyerang di bawah asuhan Villas-Boas, namun rupanya berbanding terbalik dengan pertahanan mereka. Kinerja Petr Cech, Jose Bosingwa, John Terry, Branislav Ivanovic, David Luiz, dan Ashley Cole tentu menjadi sorotan saat ini.

Cech merupakan kiper yang luar biasa musim lalu, ia mendapatkan player of the year karena penampilannya itu. Banyak yang mengatakan penampilannya sudah menurun belakangan ini, benarkah? Jika melihat pertandingan menghadapi Everton di Piala Carling kemarin, tampaknya pernyataan tersebut salah. Pasalnya ia menyelamatkan gawangnya dari kebobolan tendangan penalti, sesaat setelah masuk mengisi posisi kiper yang ditinggalkan Ross Turnbull karena diusir wasit.

Cech punya saingan berat, adalah kiper muda bernama Thibaut Courtois yang sedang dipinjamkan ke Atletico Madrid musim ini. Ia siap mengancam posisi Cech jika masa pinjamnya habis, apabila kiper utama Chelsea itu tak jua membaik penampilannya.

Jose Bosingwa tiba-tiba dimasukkan kembali oleh Villas-Boas ke tim utama, padahal saat Chelsea masih dipegang Carlo Ancelotti, ia bukanlah pilihan utama. Ancelotti lebih menyukai Ivanovic, yang punya kemampuan bertahan lebih baik. Portuguese connection membawanya kembali ke tim utama Chelsea, membuatnya kembali bisa bermain reguler.

Bosingwa memang baik dalam menyerang, umpan-umpannya dari sisi kanan Chelsea cukup akurat dan terukur. Namun jika bertahan, ia seperti kewalahan mengimbangi penyerang-penyerang lawan. Sebagai acuan, dari tiga gol dan tujuh assist dari 85 penampilannya, tak pernah dilakukannya saat menghadapi lawan-lawan berat seperti Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, ataupun Tottenham Hotspur.

Chelsea mungkin harus mencari nama lain untuk menggantikan posisi Bosingwa di sisi kanan pertahanan, namun jika mereka tak ingin belanja lagi, Ivanovic bisa kembali dipasang di sisi kanan pertahanan. Ia lebih baik dalam bertahan dibandingkan Bosingwa, malahan banyak yang menyebutnya lebih cocok bermain sebagai bek kanan daripada seorang bek tengah.

Di posisi bek tengah, sejak hengkangnya Ricardo Carvalho ke Real Madrid, Terry seperti kehilangan soul mate-nya. Akan menjadi pertanyaan, siapakah orang yang tepat untuk berduet dengan sang kapten di jantung pertahanan? Ivanovic, lebih baik bermain sebagai bek kanan. Luiz? Ia adalah kartu merah berjalan, sering kali ia membuat kesalahan yang berakibat fatal bagi Chelsea. Alex? Ia masih berniat untuk hengkang dari Stamford Bridge, kemungkinan besar ia mengincar Juventus. Selain tendangan bebasnya yang luar biasa, tak ada yang spesial darinya. Tak heran ia tak pernah bermain lagi untuk timnas Brazil sejak 2008 silam.

Bergeser ke sisi kiri pertahanan, Cole adalah salah satu bek kiri terbaik di dunia. Selain baik dalam menyerang, ia juga mampu bertahan dengan baik. Namun jika ia bermain buruk, Chelsea seolah tak punya pengganti yang sepadan dengannya mengisi posisi bek kiri. Ia mungkin masih menjadi andalan Chelsea, dalam beberapa tahun ke depan. Pemain-pemain muda Chelsea seperti Ryan Bertrand dan Patrick van Aanholt – yang sedang dipinjamkan ke Wigan – tampaknya masih butuh jam terbang lebih banyak untuk bisa menggoyang posisi Cole.

Paolo Fereira adalah bek yang bisa bermain sebagai bek kiri dan bek kanan, ia bisa menjadi pelapis di kedua posisi tersebut. Namun dirinya jarang dimainkan, bahkan sejak sebelum Villas-Boas datang menukangi Chelsea. Dan hal itu membuat penampilannya tidak konsisten, memasangnya sama saja dengan berjudi.

Yang pasti lini belakang adalah pekerjaan rumah Villas-Boas yang harus dibereskan dengan segera, karena apalah artinya permainan menyerang nan cantik jika tak punya pertahanan yang cukup solid. Mampukah Villas-Boas mengatasi hal ini dengan cepat, mengingat posisi Chelsea di Premier League semakin lama semakin jauh dari puncak klasemen. Saat ini mereka tertinggal 9 angka dari Manchester City, yang memimpin klasemen sementara. 

0 komentar:

Posting Komentar