Maret 02, 2022

Rumus Dasar Excel untuk Pemula

Halo semuanya, pada postingan kali ini aku ingin sedikit berbagi ilmu yang pernah kudapatkan ketika aku mengikuti kursus Professional Microsoft Office Excel Advanced di Golevat Semarang pada bulan Maret 2021. Postingan kali ini aku akan mulai membahas 4 (empat) rumus dasar di Microsoft Excel terlebih dahulu. Rumus-rumus dasar yang akan dibahas ini semoga dapat menunjang pekerjaan kalian di bidang Administrasi ataupun apabila kalian ingin sekedar menambah ilmu saja.

Rumus yang pertama adalah SUM. Pasti kalian tidak asing lagi dengan rumus yang satu ini karena sangat terpakai di berbagai situasi/kasus. Ketika aku mengikuti project kerjaan di Kantor Jasa Akuntan Soffwan Aji untuk membantu KJA Soffwan Aji menyempurnakan format Fastcount (Fraud Detection System) milik mereka-pun rumus dasar ini masih terpakai. Rumus SUM digunakan untuk menjumlahkan angka yang ada pada tiap cell secara otomatis.

Penggunaan dari rumus SUM juga sangat simpel. Kalian hanya perlu ketikkan =SUM( pada kolom yang kalian ingin jumlahkan, lalu setelahnya kalian hanya perlu menyeleksi sumber angka-angka yang ingin kalian jumlahkan tersebut.

Rumus yang kedua dalah rumus AVERAGE. Rumus AVERAGE digunakan untuk menampilkan/mendapatkan nilai rata-rata dari suatu nilai. Pada contoh, aku ingin mengetahui Nilai Rata-rata dari Siswa Bimbel Kelas Bahasa. Penggunaannya pun cukup simpel, hampir sama seperti penggunaan rumus SUM. Kalian hanya perlu mengetikkan =AVERAGE( pada kolom yang kalian ingin buat nilai rata-ratanya, lalu setelahnya kalian hanya perlu menyeleksi sumber angka-angka yang ingin kalian ketahui berapa nilai rata-ratanya.

Rumus ketiga adalah rumus IF. Rumus IF atau bisa dibaca JIKA, dapat digunakan untuk membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan. Diantara rumus-rumus sebelumnya, rumus IF ini bisa dibilang kesulitan penerapannya ada pada level menengah dikarenakan kita harus bisa menggunakan logika kita agar rumus ini dapat berjalan. Perhatikan pada contoh di samping, aku membuat kriteria, "Apabila siswa dengan nilai >= (lebih dari sama dengan) 70, maka siswa tersebut Lulus, selain itu Remidi.".

Lalu perhatikan Susunan Rumus yang aku beri lingkaran merah, ketikkan =IF lalu masukkan Logical Test, disini Logical Test-nya adalah Jumlah Rata-rata Nilai pada kolom F5. Selanjutnya masukkan nilai Value IFTrue sesuai dengan kriteria yaitu >=70 berarti Lulus dan Value IF False berarti selain itu Remidi. Jangan lupa berikan tanda " " pada kalimat Lulus dan Remidi, karena kedua kata tersebut merupakan Karakter bukan Numerik.

Rumus terakhir yang akan aku bahas pada postingan kali ini adalah rumus COUNT. Rumus
 COUNT menghitung jumlah sel yang berisi angka, dan menghitung angka dalam daftar argumen. Pada contoh di samping adalah penerapan penggunaan rumus COUNT, namun sedikit aku modifikasi menggunakan COUNTA karena disini aku ingin mencari berapa Jumlah Siswa Kelas Bahasa melalui nama-nama siswanya.

COUNT maupun COUNTA penerapannya sama, hanya saja untuk kasus seperti di samping yang diseleksi adalah Karakter bukan Numerik, maka rumus COUNTA lebih cocok karena bisa menyeleksi Karakter, sedangkan COUNT hanya menyeleksi Numerik. Maka didapatkan Jumlah Siswa Kelas Bahasa adalah 4 siswa.

Lalu, apakah keempat rumus tersebut bisa dikombinasikan satu sama lain? Tentu bisa. Nantikan di postingan selanjutnya ya. Aku akan membahas mengenai kombinasi dari keempat rumus tersebut. Apabila teman-teman ingin berlatih menggunakan file yang aku buat bisa download soalnya lewat link berikut: Download Soal Latihan Rumus Dasar Excel.

Terima kasih semuanya. Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu kalian yang ingin belajar mengenai rumus-rumus dasar di Microsoft Excel. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam hangat,

Faqih

0 komentar:

Posting Komentar