Desember 20, 2012

AS Kecam Israel Bangun Pemukiman Baru

Rencana Israel membangun 5.000 pemukiman baru di timur Jerusalem yang dianeksasi, mendapat kecaman dari Amerika Serikat. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Victoria Nuland, mengatakan bahwa rencana tersebut dapat menghalangi terciptanya perdamaian.


"Kami sangat kecewa bahwa Israel bersikeras melanjutkan tindakan-tindakan yang provokatif itu. Para pemimpin Israel selalu mengatakan mereka mendukung tujuan solusi dua negara, namun tindakan mereka justru mengancam tujuan itu," tegas Nuland.

Sementara itu, kelompok masyarakat sipil Peace Now and Terrestrial Jerusalem, yang mengawasi pembangunan permukiman mengatakan bahwa pada minggu ini pemerintah kota Jerusalem dan komite daerah akan mempertimbangkan empat proyek di lingkungan Givat HaMatos dan Gilo. Proyek-proyek tersebut dibahas setelah Israel pada Senin (17/12) memberi lampu hijau pada pembangunan 1.500 rumah di lingkungan Ramat Shlomo sebelah timur Jerusalem, langkah itu akhirnya memicu kritik keras dari Amerika Serikat. Rencana permukiman lain yang akan dibahas pada minggu ini, semuanya berada di sebelah selatan Jerusalem, dekat dengan kota Tepi Barat Bethlehem.

*aneksasi : pengambilan dengan paksa tanah (wilayah) orang (negara) lain untuk disatukan dengan tanah (negara) sendiri. (KF-INP/Vey/Antara)

0 komentar:

Posting Komentar